K-Pop

Selasa, 01 November 2011

Belajar bahasa Korea : 한국어 한마디

Untuk kesempatan kali ini dan mudah-mudahan bisa seterusnya, saya akan menampilkan tulisan ” 한국어 한마디”  atau ” sepatah kata dalam bahasa Korea”, dengan tujuan menambah perbendaharaan bahasa , sekaligus bisa mengetahui penggunaannya. Untuk kesempatan kali ini adalah sebagai berikut :
“내가 요즘 깜빡깜빡 잘 해” ( “ Naega yojeum kkambbak kkambbak chal hae ” )
untuk mengungkapkan ”  Akhir-akhir ini saya menjadi sangat pelupa “.


깜빡깜빡하다 - Lupa
깜빡깜빡 잘 하다 – menjadi pelupa (to forget frequently)
Kata-kata ini ini adalah ungkapan yang digunakan ketika misalnya anda bercakap dengan teman belajar bahasa Korea anda. Jika sebelumnya anda telah mengenal kata yang menunjukkan makna ” lupa ” adalah “ 잊다 ” atau juga “ 잊어버리다 ”, tapi ada kata yang lebih santai atau boleh dikata ” lebih gaul ” yaitu dengan mengucapkan kata “ 깜빡깜빡 ”. Kata asalnya bermakna berkedip atau lampu kilat. Maka dalam bahasa kita, seringkali kita mengatakan ” wah otakku lagi ‘blank’.”
Jika suatu ketika  teman Anda  mengingatkan bahwa Anda punya janji untuk bertemu besok, namun Anda lupa tentang rencana itu atau  jadwal yang lain, Anda dapat berkata, ” 아이고! 깜빡 했다 ” atau,” Ah! Saya lupa! ” Pada dasarnya, setiap kali Anda lupa atau memiliki kecenderungan untuk lupa, anda bisa menggunakan ini .
Yang jelas…seiring usia dan kebutuhan saya yang semakin banyak ini, saya akan sering mengatakan ”  ”아이고! 깜빡 했다( aigo, kkambbak haetta )”atau,” Ah! Saya lupa…!”.

1 komentar:

  1. amat sangat membantu, tp aplikasi'y it gmn download'y??
    pengen bisa bahasa korea saya, tp kok sulit ya :(

    BalasHapus