K-Pop

Selasa, 01 November 2011

Mengenal tata bahasa Korea : 기(를) 바라다

Ketika kita berada ditempat-tempat umum, biasanya ada pemberitahuan dari petugas, yang sifatnya sebagai peringatan atau himbauan dan menggunakan bahasa permohonan. salah satu susunan yang digunakan adalah menggunakan V +기를 바라다 .


바라다 ( barada ) sendiri memiliki arti sebagai: 1)기대 ( gidae ) : mengharapkan.2) 소원함 ( soweonham ) : ingin, mau berharap.  3) 부탁 ( butak ) : meminta, memohon.
Contoh – contoh :
1. 우리는 또다시 만나뵙게 되길 바랍니다 ( urineun ttodasi mannaboepge doegil baramnida ) : saya berharap kita akan bertemu lagi.
2. 선생님게서 병원에 입원해서 빨리 회복되기 바랍니다 ( seonsaengnimgeseo byeongwone ibwonhaeseo ppalli hoebokdoegi baramnida ) : Pak Guru masuk rumah sakit, semoga cepat sembuh.
3. 새해 복 많이 받으시길 바랍니다 (saehae bok manhi badeusigil baramnida ) : saya berharap anda mendapat banyak kebahagiaan di tahun baru ini.  biasanya untuk ungkapan ” selamat ulang tahun “.
Dalam bentuk informal 바라다 (barada ) menjadi 바래/요 ( baleyo ) :
1. 네 가족들이 잘 지내고 있길 바래요( ne gajokdeuri jal jinaego itgil baraeyo) : saya berharap keluarga anda baik-baik saja.
2.너와 내가 영원히 단짝친구로 지낼 수 있기를 바래요 ( neowa naega yeongwonhi danjjakchinguro jinael su itgireul baraeyo ) : saya berharap kamu dan aku menjadi teman baik untuk selamanya .
3. 행복 하길 바래 (haengbok hagil barae) : Aku berharap kau bahagia..
Semoga tulisan yang sedikit dan sederhana ini bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar