K-Pop

Rabu, 23 November 2011

Penjualan Saham YG Entertainment Meningkat Lebih dari Dua Kali Lipat

Pada tanggal 23 November, YG Entertainment mendaftarkan saham mereka pada pasar saham junior Korea Selatan, KOSDAQ, dan melihat bahwa nilai per sahamnya meningkat lebih dari dua laki lipat di hari pertama penjualan. Sebagai hasilnya, Yang Hyun Suk, pendiri dan CEO YGE, sekarang memiliki hampir $140 juta USD dalam nilai saham.

Saham2 YGE bernilai 78,200 won ($78 USD) per saham di pagi hari Rabu, yang melebihi dua kali dari harga IPO sebesar 34,000 won ($34 USD). Yang Hyun Suk, dengan persentase kepemilikan saham YGE sebesar 47.7%, diperkirakan memiliki sekitar  $140 juta USD nilai saham, membuatnya menjadi orang terkaya kedua di industri entertainment Korea, setelah Lee Soo Man dari SM Entertainment yang memiliki saham sekitar $220 juta USD.
Pihak2 resmi dalam pasar saham berharap saham2 YGE akan meningkat hingga mencapai 80,000 won ($80) per saham, tapi karena besarnya ketergantungan nasib perusahaan pada Big Bang, yang memberikan andil lebih dari setengah untuk penjualan total, harga tersebut mungkin tampaknya tidak terlihat meningkat secara substansial dalam jangka pendek.
Sebagai perbandingan, Park Jin Young dari JYP Entertainment diperkirakan memiliki sekitar $16 juta USD dalam saham perusahaan, sedangkan total nilai saham Bae Yong Joon dari Key East Entertainment diperkirakan sekitar $17 juta USD.
Didirikan pada tahun 1998, YG Entertainment mengelola beberapa artis2 KPop populer meliputi Big Bang, 2NE1, Gummy, Se7en, Psy, dan Tablo. Tahun lalu, mereka mendapat sekitar $75 juta USD dalam penjualan total dan $15 juta USD dalam pendapatan. Di tahun 2012, mereka diharapkan untuk mendapat penghasilan melebihi  $100 juta USD dalam penjualan total.

credit : soompi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar